UNIKAMA – Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang menggelar kuliah umum dengan tema “Peningkatan Pendidikan Geografi di era 4.0 dilakukan pada semester genap 2019,” dengan pemateri Dr. Iya’ Septiasih, M.Pd. sebagai dosen pendidikan geografi Universitas Mulawarman. Kuliah umum ini diikuti oleh 300 mahasiswa Pendidikan Geografi yang berlangsung di auditorium Multikultural Universitas Kanjuruhan Malang.

Pendidikan di abad 18 lebih mengandalkan pemahaman konseptual secara manual. Manusia yang hidup di abad tersebut memiliki kemampuan intelektual melalui referensi literature yang disediakan di perpustakaan. Namun, hal tersebut sangat tidak efektif karena pendidikan hanya terserap untuk negara yang sudah mapan dalam bidang industri. Kemudian berkembang di abad 20 dengan munculnya alat-alat telekomunikasi modern yang mengubah gaya hidup manusia. Setelah itu, era digital mulai memasuki pasar teknologi global untuk memperbarahui pola pikir dalam berinovasi.

Dalam hal ini pula, banyak aspek yang dapat mengubah cara berpikir manusia di era digital. Karakteristik yang muncul di dunia digital abad 21 antara lain civitas akademika harus selalu menjelajah jejak teknologi. Berbagi dalam menciptakan ide dan ilmu yang akan dibuat, berinteraksi serta berkolaborasi dalam hal sosial dengan memandang berbagai aspek yang akan diterapkan.

Era digital mempunyai banyak ancaman apabila tidak diwaspadai terlebih dahulu. Secara global, era ini dapat menghilangkan sekitar 1 sampai 1,5 juta pekerjaan dalam kurun waktu 10 tahun karena adanya peran pengganti manusia dengan mesin otomatis. Selain itu, 65 persen murid usia sekolah di dunia akan bekerja pada profesi yang belum pernah ada saat ini.

Tenaga pendidik di era revolusi industri harus meningkatkan pemahaman dalam mengekspresikan diri di bidang literasi media, memahami informasi yang akan dibagikan kepada para peserta didik serta menemukan analisis untuk menyelesaikan permasalahan akademisi literasi digital. Harapannya, semua pihak harus meningkatkan kolaborasi dalam orientasi pendidikan mendatang serta mengubah kinerja sistem pendidikan yang dapat mengembangkan kualitas pola pikir pelajar dan penguatan digitalisasi pendidikan yang berbasis aplikasi.

Tingkatkan Pendidikan Geografi di era 4.0, Prodi Geografi Gelar Kuliah Umum