1. Mampu merancang pembelajaran dengan terampil melaksanakan rencana pembelajaran dan evaluasi hasil belajar geografi secara otentik, kontekstual, dan menghargai keanekaragaman.
  2. Mampu mengembangkan pembelajaran geografi secara inovatif, konstektual, adaptif dengan memanfaatkan teknologi dan geospasial, mampu berkolaborasi untuk pemecahan masalah pembelajaran.
  3. Mampu menguasai dan mengembangkan materi dinamika litosfer, hidrosfer, atmosfer, dan biosfer serta interaksinya dengan lingkungan dan manusia pada suatu wilayah berdasarkan pendekatan geografi dengan memanfaatkan penggunaan alat laboratorium, teknologi dan geospasial, menghargai bentang alam sebagai wujud bentuk alam dan ciptaan Tuhan.
  4. Mampu menguasai dan mengembangkan materi kebencanaan dan lingkungan serta interaksinya dengan kehidupan manusia di suatu wilayah melalui pemanfaatan teknologi dan geospasial serta peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.
  5. Mampu menguasai dan mengembangkan materi pengelolaan SDA suatu wilayah berdasarkan prinsip pembangunan berkelanjutan untuk ketahanan pangan dan kepedulian lingkungan
  6. Mampu menguasai dan mengembangkan materi pemetaan dan analisis geospasial, merencanakan pengembangan wilayah berkelanjutan, dengan menghargai nilai-nilai integritas yang bertanggung jawab.
  7. Mampu menguasai dan mengembangkan materi potensi sumberdaya manusia dan kependudukan suatu wilayah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan geospasial, serta menghargai dan mengapresiasi karya-karya pembangunan yang telah ada
  8. Mampu menguasai dan mengembangkan materi fenomena geografi politik, sosial, budaya, mengeksplorasi nilai-nilai kearifan lokal wilayah dan mengolah menjadi pengetahuan yang bermakna untuk memecahkan masalah dalam pembangunan
  9. Mampu menguasai dan mengembangkan materi terkait desain penelitian, melaksanakan, dan mempublikasikan penelitian bidang pendidikan dan ilmu geografi